Home Top Ad

Responsive Ads Here

Contoh Makalah HTML

Share:


TUGAS TIK
“ MERANCANG HALAMAN WEBSITE SEDERHANA SENDIRI”





FANDY HIDAYAT
XI.IPA 2

SMAN 1 SIJUNJUNG 2013
PENDAHULUAN


Kata Pengantar

Ass.wr.wb.
Pertama dan utama sekali saya ucapkan syukur kepada Allah S.W.T. yang telah memberikan saya rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas HTML ini. Dan tidak lupa pula salawat beriringkan salam dikirimkan kepada baginda Rasullullah, Nabi Muhammad Saw. Ucapan terima kasih saya kepada Ibuk Lucianda Dwi Mutia, S.pd. selaku guru pembimbing dan kepada saudara-saudara yang telah mensuport saya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas akhir ini, ini juga tak lepas dari kerja keras yang telah saya lakukan.
Tugas HTML ini merupakan halaman web saya  yang  mungkin  masih banyak  kekurangan, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya demi membuat tugas ini lebih baik.
Semoga tugas HTML ini bermanfaat bagi kita semua. Amin…
                       


   Created By


Fandy Hidayat







Pengenalan WWW Dan HTML
        WWW (World Wide Web) merupakan Servis Internet yang dapat me-link dengan dokumen multimedia bersama dengan HyperText. Pemakai dapat melompat antara dokumen dengan menggunakan link untuk melihat text, grafik, video dan media lainnya. WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.

       HTML merupakan format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Internet. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

      HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka e-mail ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Struktur Dokumen HTML
Struktur dasar HTML adalah sebagai berikut:


Judul Dokumen HTML


penulisan informasi Web


Elemen HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML. Sintaks:

….


Heading Dokumen
Header adalah huruf-huruf berukuran khusus yang digunakan untuk menuliskan judul bab atau sub bab. Ada enam tingkatan header mulai dari H1 hingga H6. H1 adalah header yang paling besar dan H6 adalah header yang paling kecil. Coba tulis dalam Notepad anda sebagai berikut:

Header level 1


Header level 2


Header level 3


Header level 4


Header level 5

Header level 6


Simpanlah dalam format file HTML kemudian buka dalam browser.

            Dokumen Body
Elemen .



Penutup

a.      Kesimpulan
HTML adalah singkatan dari Hypert Text Markup Langguage, yang digunakan untuk membuat halaman website atau sebuah website. HTML juga disebut dengan bahasa markup.
Dalam pembuatan halaman web, atau Tugas HTML ini saya menggunakan notepad untuk menuliskan perintah ke komputer. Sehingga komputer nantinya akan menafsirkan perintah tersebut ke bentuk halaman web seperti print screen yang saya perlihatkan di atas.
Dalam pembuatan tugas HTML ini, saya banyak menemui kesulitan, tetapi saya tidak menyerah, karena kunci dari pembuatan tugas ini adalah kesabaran dan terus mencoba.
b.      Saran

Dalam pembuatan tugas, jangan berpikir tidak akan bisa sebelum mencobanya. Itu sudah saya alami sendiri, saya berpikir dulunya sebelum mencoba membuat tugas ini, saya tidak bisa. Tetapi setelah saya mencoba membuatnya saya sangat menyukainya dan terus mencoba hingga akhirnya tugas ini selesai saya kerjakan. Tentunya ini tidak terlepas dari rasa sabar, karena kesabaranlah yang terpenting.

Jadi, kesabaran, kerja keras, Ikhlas, pantang menyerah adalah kunci sukses dalam pembuatan tugas ini.

No comments